Mengurus Visa Student UK Tanpa Agen

Sama seperti teman saya sebelumnya, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya saat mengurus Visa Student UK tanpa agen. untuk visa UK sendiri bisa dibilang cukup ketat, rinci, detil, dan njelimet hehe 😂. Tidak seperti Visa Negara lain atau NZ yang sebelumnya di posting oleh teman saya, visa UK semua berbasis online melalui VFS Visa Application (sekarang sudah di handle oleh migration expert dari UK sendiri ini Link nya) dan rekam Biometric (sidik jari, kornea mata, foto dan tandatangan) yang hanya ada di Jakarta dan Surabaya untuk di Indonesia. Jadi make sure semua dokumen kalian harus disiapin dengan teliti kalo gamau visa nya ketolak 💀. Maka dokumen dokumen saat itu yang saya harus siapkan sebelum mengurus visa adalah :
  1. LoA (Letter of Acceptance) Unconditional dari kampus tujuan. Ini penting karena pihak kedutaan tau tujuan kita akan sekolah dimana.
  2. CAS Number. Setelah kita mendapatkan LoA Unconditional dari kampus tujuan kita di UK biasanya 1-2 bulan kemudian kita akan di attach oleh kampus surat yang berisikan CAS Number untuk pengurusan Visa dan ini hukumnya wajib bagi yang akan mengurus visa student. Begini bentuknya,
    selama CAS beum keluar maka Visa kita tidak bisa diproses oleh pihak imigrasi UK.
  3. IELTS (Photocopy). Fotokopi IELTS kalo bisa yang notarized tapi kalau enggak pun gak masalahan asal TRF Numbernya jelas. untuk standart masuk ke Negara empunya bahasa otomatis perlu diperhatikan, untuk lebih jelas bisa di baca di SINI.
  4. Sponsorship Letter. Untuk kalian yang dapat beasiswa seperti LPDP atau Chevening kalian bisa pakai LoG atau LoS kalian ini surat sakti yang biasa dipakai oleh para awardee beasiswa. Tetapi jika ka;ian yang berangkat dengan biaya sendiri tenaang, cukup pakai surat keterangan orang tua + tanda tangan dan nama terang.
  5. Surat Keterangan Pekerjaan Orang Tua dari Kantor. Untuk kalian yang akan self-fund ini penting guys catet 😉
  6. Rekening Koran, Fotocopy Buku Tabungan dan Surat Keterangan dari Bank Pemberi Sponsor. untuk kalian yang sudah medapatkan beasiswa list no.6 diewatin aja. hehe.... tapi kalo kalian self-fund INI YANG PALING PENTING SIH ! haha. jadi rekening koran dan Copy Buku Tabungan ini 3 bulan terakhir dari tabungan orang tua kita selaku pihak sponsorship dan ada minimum nya setau saya minimum saldo biaya kuliah + living costs selama setaun. pastiin cukup yaaa. kalo enggak wah siap siap ketolak 😭. kenapa gitu ? soalnya mereka mastiin kita disana sekolah bukan malah ngegembel hehe...
  7. Tiket Booking Pesawat. 
  8. Alamat Rumah di UK. Waktu itu saya belom ada akomodasi sih, tetapi berhubung temen saya udah ada yang duluan kuliah disana saya pake alamatnya dia hehe 😆. atau kalian bisa kontak PPI disanaa mereka akan dengan senang hati membantu
  9. Surat Sehat + Surat bebas TB. Sama seperti yang diposting teman saya sebelumnya untuk Visa student NZ, Visa student UK pun demikian. Untuk Indonesia hanya rumah sakit rumah sakit tertentu yang ditunjuk. seperti RS. Premiere Jakarta, Surabaya, Bali. RS.Jatinegara Jakarta.
  10. yang terakhir adalah PASPOR !!! yaiyalahyaa yakali urus visa ga ada paspor haha. 
Untuk pengurusan visa sendiri UK menyediakan fasilitas priority visa yang jadinya super cepet yaitu 5-7 hari tapi kita akan dikenakan tambahan biaya sebesar 4/6 juta saya lupa tapi bisa dicek di website yang saya link di atas. saat itu untuk Visa Student Tier 4 selama 1 tahun saya dikenakan sekitar 10juta lebih hampir 11 juta. dan jangan lupa sesampainya di negara tujuan (Inggris) kita diwajibkan untuk mengambil kartu biometric kita (KTP sementara disana) di kantor pos terdekat (dipilih saat apply visa). sekian dari sayaaa semoga terbantuu 😂

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.